Gencarkan Imunisasi Untuk Jaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi

JATIM. KABARDAERAH.COM. BANGKALAN_ Kesehatan itu merupakan hak semua orang, sejak seorang anak dalam kandungan.

Sedangkan, imunisasi merupakan salah satu cara membuat seseorang atau masyarakat menjadi sehat.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan melalui UPTD Puskesmas Kokop gencar melaksanakan imunisasi di masa pandemi COVID-19.

Mutmainah SE. S.S.T, selaku Kepala Puskesmas (Kapus) Kokop mengatakan program imunisasi di wilayah kerja Puskesmas Kokop dari bulan Januari sampai bulan Oktober 2020 mengalami penurunan.

“Dari 93 persen yang ditargetkan, program imunisasi dasar lengkap (IDL) yang berjalan masih 17 persen. Maka dari itu kami gencar melaksanakan kegiatan imunisasi untuk memenuhi cakupan imunisasi dasar lengkap tersebut, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,”Ujar Mutmainnah pada kabardaerah.com.

Masih kata Kapus Kokop mengatakan, “ada beberapa penyebab menurunnya capaian program imunisasi dasar lengkap diantaranya, kurangnya dukungan dari lintas sektor dan pihak terkait diwilayah kecamatan Kokop serta kurangnya mendapat informasi tentang imunisasi.”Imbuhnya.

Meski demikian pihaknya juga telah melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan capaian program imunisasi tersebut diantaranya, kerjasama lintas sektor dan tokoh masyarakat serta tokoh agama, di bantu oleh ikatan mahasiswa yang ada di kecamatan kokop dalam mensosialisasikan program imunisasi dasar untuk bayi, penyuluhan kelompok dan perorangan, posyandu lebih ditingkatkan serta kerjasama lintas program.”Tutupnya.

Pewarta_  Aris

Tinggalkan Balasan