Jawa Timur Rayakan Puncak BBGRM XXI dan HKG-PKK ke-52 dengan Semangat Gotong Royong

 

JATIM.KABARDAERAH.COM BLITAR– Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-52 Provinsi Jawa Timur digelar meriah di Alun-Alun Kota Blitar. Acara ini ditutup secara resmi oleh Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono.

“Penutupan acara ditandai dengan pemukulan rampak gendang oleh Pj. Gubernur Adhy, didampingi oleh tokoh tokoh penting seperti Walikota Blitar Santoso, Ketua DPRD Provinsi Jatim Kusnadi, Pj. Ketua TP PKK Provinsi Jatim Isye Adhy Karyono, dan para pejabat lainnya.

Peringatan BBGRM XXI dan HKG-PKK ke-52 ini berlangsung selama lima hari, dari tanggal 7 hingga 11 Juni 2024, dengan beragam kegiatan yang menekankan pentingnya gotong royong dan pemberdayaan masyarakat.

“Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Adhy mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk menerapkan konsep ‘IKI’ (Inisiatif, Kolaboratif, dan Inovatif) dalam semangat gotong royong. “Dengan konsep ‘IKI’ yang dipadukan dengan semangat gotong royong, kita bisa membangun Jawa Timur yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar Adhy.

Adhy juga menyoroti prestasi ekonomi Jawa Timur yang terus meningkat. Berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur mencapai 4,8 persen pada triwulan I tahun 2024 (Y-o-Y), menjadikannya kontributor utama bagi PDRB Pulau Jawa dengan porsi 25,2 persen.

Jawa Timur juga terpilih sebagai salah satu dari tujuh provinsi pilot project program percepatan penurunan kemiskinan ekstrem di Indonesia. “Dengan kerja keras dan gotong royong, kita berharap Jawa Timur bisa mencapai zero kemiskinan ekstrem pada akhir tahun ini ,” tambahnya.

Menurut data dari Kementerian PDTT RI, Jawa Timur memiliki jumlah Desa Mandiri tertinggi di Indonesia, dengan 2.800 desa atau 24,4 persen dari total 11.456 Desa Mandiri.

Adhy menegaskan bahwa prestasi-prestasi ini tidak lepas dari semangat gotong royong, koordinasi, kolaborasi, dan sinergitas seluruh elemen masyarakat, termasuk kontribusi besar dari TP PKK. “Ajang ini menjadi wadah untuk saling bertukar ide demi kemajuan daerah masing-masing,” katanya.

“Pj. Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Isye Adhy Karyono, juga mengajak seluruh TP PKK Kabupaten/Kota untuk mewujudkan visi gerakan PKK sesuai rencana induk tahun 2021-2024. “Visi PKK adalah terwujudnya keluarga yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, dan sejahtera lahir batin ,” ungkap Isye.

Isye menekankan pentingnya kerja sama dengan seluruh stakeholder. “Dengan melibatkan peran Tim Penggerak PKK, program-program daerah dapat lebih efektif dan terpadu,” lanjutnya.

Acara ini juga dimeriahkan dengan pemberian penghargaan oleh Pj. Gubernur Adhy kepada para pemenang, seperti pelaksana gotong royong terbaik, inovasi teknologi tepat guna, dan pos pelayanan teknologi tepat guna desa. Pj. Ketua TP PKK Isye Adhy Karyono juga memberikan penghargaan kepada tokoh dan daerah yang berkontribusi signifikan dalam kemajuan daerahnya.

“Penghargaan yang diberikan meliputi penghargaan pengabdian Adhi Bhakti, apresiasi kabupaten/kota yang mendapat peringkat observasi pilot project percontohan nasional gerakan keluarga sehat, tangguh dan tanggap bencana, serta apresiasi kepada kabupaten/kota yang mengikuti lomba jambore nasional kader PKK di Surakarta.

Reporter : Wilis
Editor      : Andy s

 

 

 

Tinggalkan Balasan