Wali Kota Santoso Secara Resmi Buka Event Blitar Menari 2nd 2024 Dalam Rangka Hari Jadi Kota Blitar yang ke-118

 

JATIM.KABARDAERAH.COM. KOTA BLITAR – Wali Kota Blitar, Santoso, dengan penuh semangat membuka secara resmi event Blitar Menari 2nd 2024. Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Jadi Kota Blitar yang ke-118 di Gedung Kesenian JL Kenari Kota Blitar pada Minggu pagi, 22 April 2024, dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk sejumlah pejabat penting.

Dalam acara pembukaan tersebut, tampak hadir Sekretaris Daerah Kota Blitar, Priyo Suhartono, Kepala Dinas Pariwisata, serta beberapa pejabat lainnya yang turut mendukung terselenggaranya event ini.

Event Blitar Menari 2nd 2024 ini diikuti oleh 153 peserta yang datang dari berbagai kota di Jawa Timur. Para peserta terdiri dari berbagai kategori usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, yang menunjukkan betapa beragamnya talenta yang ikut berpartisipasi.

“Dalam sambutannya, Wali Kota Santoso menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan event ini.

Ia menegaskan bahwa ini adalah kali kedua event Blitar Menari diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Blitar. “Santoso juga menekankan bahwa keberhasilan acara ini tidak lepas dari kerjasama dengan para seniman, khususnya Paguyuban Kesenian Jaranan (Pakoja) yang ada di Kota Blitar.

“Event yang dikemas dalam bentuk lomba seni tari ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya Pemerintah Kota Blitar dalam mewujudkan salah satu ajaran Trisakti yang disampaikan Bung Karno, yaitu Indonesia berkepribadian dalam kebudayaan.

Kami ingin menunjukkan bagaimana kita menghargai dan memberikan ruang gerak kepada para seniman serta budayawan agar mampu mengekspresikan jiwa-jiwa seninya,” ungkap Santoso.

“Santoso berharap, melalui event ini, dapat membawa dampak positif bagi para seniman dan budayawan di Jawa Timur, khususnya di Kota Blitar. Ia berharap acara ini bisa memunculkan talenta-talenta baru yang berkualitas, serta membuktikan bahwa Jawa Timur, terutama Kota Blitar, adalah pusat dari talenta-talenta seniman tari.

“ Kita juga akan berupaya untuk mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari para seniman dan budayawan agar karya-karya mereka tidak diambil alih oleh negara lain,” tambah Santoso.

Santoso tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasihnya atas nama Pemerintah Kota Blitar dan pribadi kepada semua penyelenggara yang telah bekerja keras untuk menyukseskan event ini. Ia juga mengucapkan selamat berlomba kepada seluruh peserta lomba tari, dengan harapan agar mereka bisa menampilkan yang terbaik dan menjunjung tinggi sportifitas.

“Jaga sportifitas dalam berlomba dan mudah-mudahan Allah SWT meridhoi seluruh rangkaian kegiatan ini dari awal hingga akhir agar dapat berjalan dengan lancar,” tutup Santoso dalam sambutannya yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Event Blitar Menari 2nd 2024 ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi momen penting untuk mempererat tali silaturahmi antar seniman dan masyarakat, serta mempromosikan kekayaan budaya dan seni tari yang dimiliki Kota Blitar dan sekitarnya. Dengan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Blitar dan antusiasme dari para peserta dan penonton, diharapkan event ini akan terus berlanjut dan berkembang di tahun-tahun mendatang.
(Adv/Kominfotik/Andy)

Tinggalkan Balasan