Berdayakan Potensi Sumber Daya Air Dinas Perikanan Dan Oangan Banyuwangi Akan Kemas Jadi Destinasi Wisata

BANYUWANGI,KABARDAERAH.COM-Guna mendorong partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan,  tentunya hal itu di butuhkan kesadaran diri dari masyarakat masing-masing.

Melalui dinas perikanan dan pangan Kabupaten Banyuwangi sudah menyiapkan beragam progam siap kerja mandiri dan bertujuan agar rakyat bisa mandiri untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang telah di ajarkan.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi Hary Cahyo Purnomo “sebagai fasilitas sesuai dengan regulasi untuk membantu pola progam untuk kesejahteraan rakyat,seperti yang sudah berjalan di beberapa titik wilayah di Banyuwangi, dengan memanfaatkan potensi lokal yang sasaranya di tujukan ke kelompok kelompok masyarakat untuk memberdayakan sumber daya air.”terangnya.

Lebih lanjut,Kelompok kelompok masyarakat di Dinas Perikanan Dan Pangan itu populer di sebut ada Pokdakan (kelompok pembudi daya ikan), Pokmaswas (kelompok masyarkat pengawas) setingkat lebih tinggi bernama pokdarwis (kelompok sadar wisata)

Implementasi progam yang di maksud juga di harap menjadi destinasi wisata bagi masyarakat itu sendiri. Adapun progam tersebut antara lain Cipta Wisata Barkanli (penebar ikan terkendali),Cipta seratus ribu kolam, Cipta wisata bahari dan air bersih bebas dari sampah.

Sementara juga, dalam rangka meningkatkan produksi pangan direncanakan tidak hanya progam minapadi, sementara ini akan di uji cobakan progam minasawah.

“Gerakan masyarakat tentunya juga ada daya tarik untuk memanfaatkan lahan pekarangan hidropoinik atau progam KRPL (kawasan rumah pangan lestari) yang di dalamnya ada optimalisasi pemanfataan sayuran,” ujarnya. Kamis,(15/8/2019).

Ditambahkan,Dinasnya sudah melaksanakan berbagai kegiatan yaitu Cipta Menu,
Festifal Nabung o Le (nasi bungkus olahan lele),nasi bungkus panas,festival udang di atas batu. Tentu itu bisa di pastikan serta memiliki daya tarik dan menjadi potensi wisatawan.

” Tourist yang nyemplung ke kolam kasih pakan, suatu saat dia akan datang lagi menanyakan mana ikan saya,” ucapnya.

Masih ditempat yang sama Kepala Bidang Budi Daya,Surya Bintang Samudera menambahkan untuk memaksimalkan potensi lokal tersebut ada beberapa nama progam lagi yaitu Gema familiy menuju eko wisata,Gerakan masyarakat tangan mina lestari,Eko wisata kandungan konservasi dan edukasi.

“Kita juga ada Yell-yell yakni Perikanan maju,Tangkap lestari,Pangan beragam
masyarakat sejahtera,dan Pesona Indonesia Pesona Banyuwangi, “terangnya.

Reporter : Eko/iik

Tinggalkan Balasan