Wali Kota Blitar Dapat Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur.

 

JATIM.KABARDAERAH.COM. KOTA BLITAR – Pada acara Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se- Dunia, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan kepada Wali Kota Blitar Santoso sebagai Pembina Proklim terbaik tingkat Jawa Timur, di Jatim Expo Internasional Surabaya, Senin (12/09/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar, Jajuk Indihartati ikut hadir mendampingi Wali Kota Blitar menerima Penghargaan Pembina Proklim Terbaik.

Dalam hal ini, Wali Kota Blitar dinilai pro terhadap proklim ditunjukkan dengan kebijakan penetapan visi misi RPJMD yang berwawasan lingkungan. Konkritnya dengan mewujudkan tata ruang yang Berwawasan Lingkungan Hidup dan Berkeadilan.

 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Ketika Menyerahkan Penghargaan Kepada Wali Kota Blitar Santoso di Jatim Expo Internasional Surabaya (Poto by Andy)

Santoso mengatakan, strategi pelaksanaan proklim diantaranya melalui Dinas Lingkungan Hidup dengan melakukan sosialisasi dan pembinaan secara intensif di lokasi binaan yang diusulkan mengikuti proklim. Selain itu juga diikuti dilakukan Fasilitasi dengan mempersembahkan stimulan bantuan ke masyarakat berupa bibit tanaman, anjang-anjang, lampu LED, biopori, sumur resapan, sel surya PJU dan komposter.

“Hal yang tidak kalah penting adalah dengan membangun jejaring dan kerja sama dengan swasta dan perguruan tinggi. Termasuk menerapkan konsep pemberdayaan masyarakat”, jelasnya.

Kota Blitar merupakan salah satu dari 3 Kab/Kota Jawa Timur yang mengusulkan proklim lestari, dimana proklim lestari merupakan kategori level tertinggi dari penghargaan Program Kampung Iklim dari KLHK.

Komitmen Wali Kota Blitar terhadap Program Kampung Iklim juga diraih dengan penerbitan Regulasi melalui Perda No 4 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah dan Perwali No 72 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Kota Blitar, yang mendukung aksi adaptasi dan mitigasi Proklim Kota Blitar. (ADV/Kominfotik/Andy)

 

Tinggalkan Balasan