Pilkada Tinggal Hitungan Hari, KPUD Bangkalan Gelar Simulasi Pemungutan Surat Suara

Terlihat: KPUD Bangkalan saat lakukan simulasi pemungutan surat suara (KD)

BANGKALAN.KABARDAERAH.COM – Simulasi pemungutan surat suara digelar oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bangkalan menjelang pelaksanan pilkada serentak 27 juni yang tinggal hitungan hari.

Simulasi itu melibatkan seluruh anggota PPK yang tersebar di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Bangkalan. Bertempat di halaman aula KPUD Bangkalan, Jumat (22/6).

Tak hanya itu, aparat keamanan baik polisi dan TNI juga menyaksikan simulasi pemungutan suara tersebut. Disamping itu, PPS, Panwaskab, komisioner KPU Prov insi jawa timur serta inststansi terkait juga ikut menyaksikan proses simulasi.

Mohammad Arbayanto, anggota Komisioner KPU Jawa Timur Divisi Teknis menyampaikan, simulasi pemungutan surat suara dilakukan untuk menghindari hal- hal yang tak diinginkan saat pelaksanan pilkada serentak berlangsung yang berhubungan langsung dengan pemilih.

“Tujuan dari simulasi ini karena kami sebagai KPU tentunya tidak menginginkan proses-proses di TPS kedepan terganggu karena ketidak tahuan prmilih, ketidaktahuan steakholder dalam menggunakan hak pilihnya secara benar,” kata Mohammad Arbayanto saat ditemui di kantor KPUD Bangkalan.

Karena kata Arbayanto, Pilkada ini adalah Pilkada yang administratif yang sangat prosedural. Artinya, Pilkada yang seluruh tahapannya sampai pada detail-detail terkecilpun harus dapat dipertanggung jawabkan secara administratif oleh penyelenggara.

“Selain simulasi ini untuk mensosialisasikan juga untuk memetakan persoalan-persoalan yang mungkin muncul pada saat tahapan pungut dan hitung,” ungakpnya.

Selain itu, pihaknya berharap untuk seluruh penyelenggara agar tetap fokus dan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

” Untuk itu, bagaimanapun penyelenggara pemilu harus bisa fokus dan netral dalam menjalankan tugas, biar pilkada ini sukses,” tandasnya.

(S.A)

Tinggalkan Balasan